3 Keuntungan Bisnis UKM Go Online

Keuntungan Bisnis UKM Go Online

UKMDepok.co.id – Ketika Anda memiliki sebuah produk yang merupakan hasil olahan pribadi atau skala home industri, tentunya Anda ingin produk Anda lebih dikenal agar keuntungan yang dihasilkan juga lebih banyak. Oleh karena itu, pada akhirnya banyak pengusaha UKM yang akhirnya mencoba mempopulerkan produknya via website atau media sosial secara online. Tetapi apa sebenarnya keuntungan bisnis UKM go online jika dibandingkan dengan strategi bisnis konvensional?

Memicu inovasi produk

Ketika Anda menjual produk melalui sistem online, tentunya akan ada beberapa produk yang mungkin memiliki bahan baku serupa dengan produk Anda. Hal inilah yang secara tidak langsung akan memicu Anda untuk berinovasi agar produk UKM yang Anda produksi memiliki daya saing yang kuat. Misalnya saja ketika Anda menjual makanan kering dalam bentuk kemasan dan setelah berjalan 1 tahun ternyata ada produk lain yang serupa dengan milik Anda, maka agar konsumen lebih tertarik dengan produk, Anda dapat melakukan inovasi dengan cara perubahan kemasan atau penambahan citarasa dalam produk makanan.

Keuntungan Bisnis UKM Go Online

Memperluas pangsa pasar

Ketika Anda memilih menjalankan dan memasarkan produk UKM secara online, secara tidak langsung pangsa pasar yang Anda miliki akan jauh lebih luas dibandingkan ketika promosi yang dilakukan hanya menggunakan brosur atau pamflet untuk daerah sekiar area produksi. Dengan menggunakan media online, Anda dapat menjangkau kebutuhan konsumen akan produk yang berada diluar daerah. Sehingga ketika konsumen tersebut semakin puas dengan pelayanan Anda, ada jaminan pemasaran Anda dapat menjangkau area luar negeri.

Membentuk brand

Permasalahan lain yang sering dialami oleh produk UKM adalah produknya yang dianggap beberapa konsumen masih kalah jika dibandingkan produk yang sudah memiliki brand. Padahal anggapan tersebut belum tentu benar, mengingat kualitas bahan dan produk UKM umumnya juga sudah mematuhi standar yang diterapkan pemerintah. Oleh karena itu, mempromosikan produk UKM melalui sistem online secara tidak langsung juga akan membantu dalam pembentukan brand. Ketika produk yang Anda jual ternyata tidak kalah dengan produk bermerek, adakalanya kemudian hal tersebut dapat dimanfaatkan untuk membentuk brand tersendiri.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and