Batik Tulis Warna Alam Puri Ambary

batik-tulis-warna-alam-puri-ambary

UKMDepok.co.id – Membatik tidak akan lepas dari seni dan keterampilan yang tidak semua orang bisa menjadi mahir. Dan beberapa orang memang seolah terlahir untuk membatik. Ibu Ambar, salah satunya. Walaupun sudah 20 tahun usaha mengelola kantin, panggilan hati langsung beralih fokus semenjak mengenal seni membatik. Perkenalan beliau dengan membatik bermula sekitar 3 tahun yang lalu. Dari yang awalnya sama sekali tidak tahu caranya, sampai kini memiliki brand tersendiri untuk batiknya, Puri Ambary. Tidak tanggung tanggung, keseriusan Ibu Ambar dalam membatik juga termasuk memperhatikan sejarah batik itu sendiri, beliau memilih untuk hanya menggunakan pewarna alami dalam proses membatik, seperti cara membatik yang di wariskan oleh nenek moyang kita jaman dahulu. “Pewarnaanya dengan ekstrak kayu kulit daun buah. Jadi warna yang dihasilkan tidak secemerlang sintetis yang ngejreng2.” Ibu Ambar ,pengrajin batik Depok , menjelaskan tentang batik tulis warna alam Puri Ambary.

koleksi-batik-tulis-puri-ambary

Batik Puri Ambary dengan warna alami

Perjalanan menjadi pengrajin batik Depok memiliki kisah tersendiri, bagi Ibu Ambar. Harga jual batik Puri Ambary yang berkisar antara 600.000 sampai 1.000.000, bahkan bisa lebih, merupakan tantangan tersendiri dalam memasarkannya. Dengan pewarnaan alami yang dibuat sendiri, batik warna alam memang memiliki nilai jual sangat tinggi karena proses pembuatan yang ramah lingkungan dan lebih rumit. Namun tentu saja, konsumen yang bisa menghargai keindahan batik tulis warna alami hanyalah kalangan tertentu saja. Bahkan konsumen yang tidak mengerti batik biasanya akan menawar dengan harga yang murah.
Walau demikian kegigihan untuk tetap membatik dan mengenalkan batiknya selalu ada. Pemasaran yang awalnya hanya diantara keluarga saja, lalu menyebar dari mulut ke mulut, kemudian makin serius dengan mengikuti bazaar, pameran di Smesco, workshop membatik dll. Intinya, tetap berusaha mencari jalan untuk menemukan konsumen yang tepat untuk batik Puri Ambary. Banyak kejadian mengesankan bagi Bu Ambar, salah satunya ketika batik Puri Ambary turut berpartisipasi dalam sebuah acara di Kemenindag, batik yang dibawa semua di borong habis oleh seseorang, lucunya diantara rasa senang, perasaan sedih juga ikut muncul karena harus berpisah dengan karya karya batiknya yang dibuat dengan sepenuh hati. Apalagi saat itu semua produksi beliau habis, tidak tersisa.

batik-tulis-asli-warna-alam-puri-ambary-depok

Ibu Ambar beserta batiknya. Saat yang tidak terlupakan, ketika semua koleksi di borong habis

Saat ini, produksi batik Puri Ambary masih dibantu oleh rekan rekan dekat dan saudara, belum memiliki pekerja tetap karena memang jarang ada mau menjadi pembatik, terlebih lagi membatik dengan warna alam, karena mendengar kata “warna alam” biasanya yang teringat adalah proses membatik yang kompleks. Namun hal tersebut ridak menghentikan Bu ambar untuk membatik dan menciptakan motif baru. Motif batik Puri Ambary biasanya muncul dari ide ide tak terduga dan juga dipengaruhi oleh motif batik yang ada di pasaran dan juga custom motif menyesuaikan keinginan pemesan. Walau demikian, Ibu Ambar mengaku masih belum menemukan motif andalan untuk batik Puri Ambary, dan masih mencari motif khas, termasuk mulai mencoba  membuat motif  batik yang khas kota Depok.

Mendalami batik membuat Ibu Ambar lebih mengenal budaya Indonesia masa lampau, hingga sempat terbersit keingininan beliau untuk bisa menulis sebuah buku mengenai batik, dan tentang keindahan dan keagingan ilmu dari nenek moyang Indonesia.
Semoga tercapai keinginan membuat bukunya, Bu.
Semoga sukses mengenalkan Depok melalui batik warna alam Puri Ambary.

Ingin mendapatkan info tentang produk batik Puri Ambary terkini, bisa langsung menghubungi Ibu Ambar WA: +62-853-1000-3775

pengrajin-batik-tulis-warna-alam-puri-ambary

menjemur batik yang sudah melewati proses pencelupan

Tulisan ini adalah layanan ulasan gratis bagi produk-produk UKM di Depok. Jika ingin produk anda diulas juga, silahkan hubungi admin web UKMDepok.co.id : 085781230303
Foto-foto yang digunakan dalam artikel ini adalah milik Ibu Ambar
Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and