Belajar Bisnis UKM yang Sukses

Belajar Bisnis UKM yang Sukses

Belajar Bisnis UKM yang Sukses

Membuka atau menciptakan usaha sendiri memang lebih asik dan tentunya lebih menguntungkan. Namun, mendirikan sebuah usaha harus dipersiapkan segala sesuatunya. Trik-trik yang jitu pun harus dipelajari. Umumnya usaha yang baru mulai dirintis masih digolongkan ke dalam Usaha Kecil Menengah (UKM) yang banyak dilakoni oleh pedagang kecil, industry rumahan atau bentuk bisnis modern seperti bisnis online. Apa pun jenis usahanya dan jenis produk yang dihasilkan, bukanlah patokan utama yang menjadi penentu keberhasilan UKM. Yang menjadi patokan adalah langkah-langkah yang menjadi strategi mengembangkan UKM dan upaya melindungi UKM tersebut. Nah, untuk anda yang ingin belajar bisnis UKM dan ingin merintisnya, ada beberapa langkah yang harus dipelajari dan dilakukan. Diantaranya adalah sebagai berikut.

Pertama adalah membuat rancangan bisnis yang komprehensif. Tentu pertama pelajari jenis produk atau jasa apa yang paling banyak dibutuhkan. Ketahui segmen pasarnya dan pelajari juga apa-apa saja yang menjadi penghambat berkembangnya usaha seperti competitor. Hal ini akan membentuk mental dan keberanian yang kuat untuk membuka usaha.

Kemudian mempelajari pembukuan sederhana agar anda bisa mengelola dan sebaik-baiknya. Tentu pembukuan akan membantu anda mengetahui modal UKM, arus kas dari keuntungan dan deposito yang dihasilkan dari UKM anda setiap bulannya.

Pelajari bagaimana membuat anggaran pribadi untuk seorang pengusaha. Dengan membuat anggaran mengenai pemasukan arus kas tiap bulan bisa menjadi kemudahan untuk mengetahui keuntungan bisnis UKM yang masih baru dimulai. Nah, yang satu ini sangat penting bagi yang baru belajar menjalankan UKM, yaitu anda harus pisahkan keuangan bisnis dengan keuangan pribadi. Walau pun bisnis anda masih tergolong kecil, ada baiknya membuat rekening khusus untuk bisnis anda. Hal ini bertujuan agar anda tidak keliru dan bingung menentukan berapa keuntungan dari bisanis anda. Jika dijadikan satu dengan rekening pribadi, tentu anda akan sulit mengontrol keuangan dan keuntungan dari bisnis anda.

Mulailah dengan bisnis yang kecil dahulu, lalu berfikir bagaimana menjadikan bisnis semakin besar. Tentu hal ini akan menghindari kegagalan, karena bisnis yang dimulai dengan besar-besaran tanpa dibarengi dengan planning yang matang belum tentu akan membuat bisnis semakin berkembang. Ketika bisnis yang besar-besaran itu bangkrut, tentu kerugian sangat besar, sementara yang dimulai dari kecil jika bangkrut tidak akan rugi besar.

Itulah beberapa langkah yang harus dipelajari jika anda ingin belajar bisnis UKM di rumah. Tentu langkah-langkah tersebut sangat bermanfaat dan membantu anda yang masih belum siap membuka usaha menjadi semakin berani, semangat dan kuat.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and