Cara Melindungi UKM Yang Baru Tumbuh

Cara Melindungi UKM Yang Baru Tumbuh

Cara Melindungi UKM Yang Baru Tumbuh

UKM atau Usaha Kecil Menengah adalah salah satu bentuk usaha yang saat ini banyak dikembangkan oleh masyarakat dengan mengandalkan modal yang kecil. Usaha Kecil Menengah bergerak dalam berbagai betuk usaha baik jasa atau barang. Macam-macam Usaha Kecil Menengah diantaranya industri makanan rumahan, rumah makan,jasa, dan bisnis online. UKM lebih dipilih oleh pelakuk bisnis kecil karena modal tidak besar dan cukup mudah untuk dijalankan. Tidak heran kalau sekarang banyak dijumpai masyarakat yang mulai beralih profesi menjadi pedagang atau pebisnis. Usaha-usaha kecil yang baru pun semakin menjamur setiap tahunnya. Di setiap daerah bahkan UKM berjumlah ribuan dan terus berkembang. Usaha Kecil Menengah memang dapat membantu meningkatkan perekonomian suatu daerah dan bagi pelaku usaha itu sendiri. Untuk menjalankan usaha berbasis UKM meskipun mudah tentu tetap harus berhati-hati dan perlu diperhatikan. Apalagi usaha yang baru dibuka dan umurnya masih sebiji jagung perlu dilindungi agar tidak mengalami kebangkrutan.

Untuk melindungi UKM yang baru tumbuh ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Cara-cara ini tentu tidak sulit untuk yang tidak terlalu mamahami strategi bisnis. Usaha yang masih baru atau sudah lama sekali pun, agar tetap berkembang dan dipercaya masyarakat, maka harus dilakukan dengan kejujuran. Apapun produk yang dihasilkan, baik itu barang atau jasa, jagalah nama baik produk dengan tidak melalukan kecurangan dalam memproduksi barang atau menyalurkan jasa usaha ke masyarakat. dengan demikian masyarakat akan percaya dengan produk atau jasa yang di hasilkan. Selanjutnya adalah mendaftarkan merek dagang dan logo. Hal ini perlu dilakukan untuk melindungi hak kekayaan intelektual UKM yang masih lemah agar tidak terjadi pemalsuan terhadap produk atau jasa oleh pihak yang tidak bertanggung jawab. Dengan mendaftarkan merek dagang dan logo, maka produk dan jasa akan mendapatkan pengakuan dari pemerintah sehingga keasliannya terjamin. Pendaftaran merek gadang dan logo juga dapat menghindari persaingan yang tidak sehat dan lebih mudah menpromosikan produk barang atau jasa UKM tersebut kepada konsumen. Dengan begini UKM akan mudah mendapatkan konsumen loyal.

Kemudian memanfaatkan media promosi yang ada. Misalnya promosi melalui internet, media massa atau brosur. Dengan terus mempromosikan produk atau jasa, maka UKM yang baru tumbuh akan terus dikenal konsumen. Usaha pun akan berkembang lebih cepat karena dengan promosi lebih mudah menarik minat konsumen. Yang terakhir adalah menciptakan inovasi baru untuk produk atau jasa agar konsumen tidak merasa bosan dengan produk dan jasa yang itu-itu saja. Inovasi juga akan semakin menambah jumlah permintaan dan produksi semakin bertambah, sehingga keuntungan akan terus mengalir.

Demikian lah cara melindungi UKM yang baru tumbuh. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk yang membaca, terutama untuk para pelaku usaha kecil yang baru memulai usahanya.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and