Cara Mendaftar UKM yang Tepat

Cara Mendaftar UKM yang Tepat

Berbisnis saat ini menjadi ternd tersendiri dikalangan masyarakat. Banyak pihak yang menganggap bahwa dengan berbisnis membuka peluang besar untuk meraup banyak keuntungan. Salah satunya ialah membuat Usaha Kecil Menengah, usaha ini banyak sekali dilirik para pemula dikarenakan Usaha Kecil Menengah cukup menjanjikan bagi para pelaku bisnis. Salah satu cara untuk mempertahankan bisnis agar tetap diminati masyarakan ialah mambuat hak paten atau membuat merk dan desain logo produk sendiri. Dengan begitu produk yang dijual akan lebih dekat dihati konsumen dan akan mempermudah pemasaran. Cara membuat hak paten ialah dengan memberi nama dan logo merk, contohnya saja “keripik singkong cap mangkuk” atau “pecel lele Haji Edi”, dan sebagainya. Namun untuk membuat nama usaha sendiri harus mendaftarkan Usaha Kecil Menengah Anda terlebih dahulu berdasarkan hukum yang berlaku dan Anda harus mematuhi segala tahap cara mendaftar UKM.

Demikian beberapa cara mendaftar UKM yaitu dengan memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

  1. Sebagai warga negara yang baik haruslah mematuhi segala peraturan yang berlaku. Salah satunya ialah mematuhi persyaratan perijinan Usaha Kecil Menengah. Adapun beberapa persyaratan pertama yang harus diperhatikan saat akan mendaftarkan Usaha Kecil Menengah ialah; milik Warga Negara Indonesia, berdiri sendiri bukan Usaha Kecil Menengah yang memiliki hubungan atau sebagai cabang dari Usaha Besar, usaha harus merupakan usaha perorangan dan bukan usaha yang berbadan hukum.

  1. Sebagai upaya untuk mencegah adanya persaingan usaha yang tidak sehat, maka dianjurkan bagi para pelaku bisnis untuk mendaftarkan nama beserta logo produknya ke Ditjen Hak Kekayaan Intelektual. Hal ini dikarenakan agar memudahkan Anda untuk berbisnis, karena dengan mendaftarkan nama dan desain logo secara hukum Usaha Kecil Menengah Anda akan mendapatkan pengakuan secara hukum.

Setelah mendaftarkan merk dagang, maka usaha Anda akan terlindungi dari pemalsuan oleh pihak-pihak lain. Maka dari itu mengetahui cara mendaftar UKM sangatlah penting, karena minimnya pengetahuan tentang pendaftaran UKM ini dapat menghambat kelancaran usaha. Atau sebenarnya mereka tahu akan hal ini namun mereka enggan untuk medaftarkan UKM mereka. Tahukan Anda sebenarnya ongkos yang dikeluarkan untuk mendaftar UKM tidak lebih banyak dari pengeluaran untuk promosi usaha Anda. Jadi bagaimana upaya Anda untuk mengenbangkan Usaha Kecil Menengah yang sedang Anda jalani? Sedangkan mendaftarkan hak paten ialah salah satu cara yang cukup jitu untuk meningkatkan Usaha Kecil Menengah Anda.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and