Inspirasi Berbisnis UKM Tanpa Modal

Inspirasi Berbisnis UKM Tanpa Modal

Mungkin bagi beberapa orang, berbisnis merupakan pekerjaan menyenangkan karena dengan membangun bisnis sendiri kita dapat memanagemen pekerjaan tanpa tekanan dari bos. Banyak hal yang perlu kita fikirkan dalam memulai berbisnis, salah satunya ialah modal. Namun bagaimana jika kita tidak memiliki modal yang cukup? Berikut saya akan kupas tentang Inspirasi berbisnis UKM tanpa modal uang dengan memanfaatkan sumber daya yang ada.

Beberapa hal yang harus diperhatikan jika ingin memulai bisnis UKM ialah, ide. Ya, ide adalah modal pertama untuk membangun bisnis. Yang kedua ialah, membangun mitra atau kerjasama. Yang ketiga ialah keahlian, bisa saja kita memanfaatkan keahlian kita untuk menghasilkan uang. Berikut beberapa contoh inspirasi berbisnis UKM tanpa modal :

  1. Menulis Artikel

Dalam dunia blogger, banyak sekali dibutuhkan jasa menulis artikel. Terkadang, para blogger malas menulis dan disinilah peranan si penulis untuk merauk untung. Dengan hanya bermodalkan otak, para penulis ini bisa saja mendapatkan banyak uang dari hasil menulisnya. Media yang digunakan untuk menulis ialah hanya sebuah komputer atau laptop untuk menulis kemudian jaringan internet saja.

  1. Menjual Baju Online Sistem Dropship

Dewasa ini banyak sekali kita jumpai online shop yang bertebaran di sosial media maupun blog. Dalam melaksanakan bisnis satu ini, kita tdak harus membeli baju dalam jumlah banyak untuk dijual kembali. Bahkan sekarang ini, ada banyak sekali supplier baju online shop yang menerima sistem dropship. Sistem dropship ialah sistem penjualan dimana kita tidak harus menyetok batang, hanya bermodalkan gambar saja. Ketika si pembeli membeli barang yang kita jual, maka supplier akan mengirimkan barang tersebut kepada si pembeli dan menuliskan nama online shop kita sebagai si pengirim.

  1. Menjadi Member Online Shop

Sama halnya dengan sistem dropship yang tidak membutuhkan modal, menjadi membersalah satu onlineshop dapat menjadi alternatif lain. Hanya dengan bermodalkan majalah katalog, kita dapat menjual barang dagangan kepada orang-orang di sekitar seperti teman kuliah, teman kerja, lingkungan keluarga, dan lain sebagainya. Keuntungan yang didapat pun cukup lumayan, karena dengan menjadi member kita akan mendapatkan potongan harga dari harga yang telah ditentukan di dalam majalah katalog.

Demikian beberapa inspirasi berbisnis UKM tanpa modal, semoga artikel ini dapat memberikan inspirasi bagi Anda yang ingin memulai berbisnis namun memiliki keterbatasan modal.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and