Mengenal agrowisata Belimbing Depok

agrowisata-belimbing-depok

UKMDepok.co.id – Mengenal agrowisata Belimbing Depok akan membantu Anda menambah pengetahuan dan pengalaman wisata yang berhubungan dengan pembudidayaan buah belimbing. Dengan mengikuti agrowisata belimbing,  Anda bisa memetik dan memakan buah belimbing khas Depok ini.

Meskipun Kota Depok yang dijuluki sebagai Kota Sejuta Belimbing, namun mencari lahan pertanian belimbing tidak mudah. Setidaknya di Kecamatan Beji, Cimanggi,  Pancoran Mas, Limo, Sukmajaya, dan Sawangan merupakan kawasan tumbuh suburnya buah belimbing. 

Mengenal agrowisata Belimbing Depok

Seperti di Sawangan, Depok  yang terkenal sebagai salah satu agrowisata buah belimbing. Di sepanjang jalan Anda akan disuguhi pemandangan pohon belimbing. Sebab hampir setiap rumah di sisi kanan dan kiri jalan ditanami pohon belimbing dewa.

Memang belimbing dewa merupakan tanaman yang mendominasi produksi buah belimbing di Depok. Sebab belimbing dewa memiliki nilai ekonomis tinggi, dan diminati banyak konsumen. Namun tahukah Anda bahwa selain varietas belimbing dewa ada pula varietas belimbing dewi. Lalu apakah perbedaan kedua varietas ini?

Keduanya merupakan spesies Averrhoa Carambola atau belimbing manis. Perbedaan varietas belimbing biasanya terletak pada ukuran, panjang, rasa, warna, dan tekstur buah, serta produktivitas dan ketahanan tanaman pada kondisi lingkungan.

Belimbing dewi

Belimbing dewi adalah varietas lokal yang dibudidayakan di daerah Depok. Bentuk tanaman ini tidak terlalu besar, namun rimbun dengan daun hijau tua berbentuk oval yang ujungnya runcing. Buah belimbing dewi berukuran besar dengan berat sekitar 100-150 gr perbuahnya dan berbentuknya lonjong. Buah belimbing yang memiliki lima sayap ini, jika sudah matang akan berwarna merah jingga mengkilap. Belimbing dewi memiliki rasa yang manis, dan menyegarkan, namun kandungan airnya sedikit.

Belimbing dewa

Belimbing dewa adalah varietas lokal yang dibudidayakan di daerah Depok. Bentuk tanaman ini tidak terlalu besar, namun rimbun dengan daun hijau muda berbentuk ramping. Buah belimbing dewa berukuran besar dengan berat sekitar 100-150 gr perbuahnya dan berbentuknya lonjong. Buah belimbing yang memiliki lima sayap ini, biasanya jika sudah matang akan berwarna kuning jingga mengkilap. Belimbing dewi memiliki rasa yang manis, menyegarkan, dan kandungan airnya banyak.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and