Menilik keindahan batik belimbing Depok

batik-belimbing-depok

UKMDepok.co.id – Diantara sekian banyak motif batik yang ada di Indonesia, mungkin masih banyak masyarakat yang belum tahu tentang motif belimbing. Motif batik yang satu ini mulai dipopulerkan di kota Depok sejak tahun 2007, dimana motif dasar produk batik yang satu ini menggunakan desain buah belimbing yang berwarna kuning berbentuk seperti segilima. Namun pastinya tak hanya itu saja, jika Anda menilik keindahan batik belimbing Depok, ada beberapa makna yang tersirat dan tersurat dari motif yang ada, seperti:

10- motif batik depok

10 motif batik Depok hasil Lomba Desain Batik 2007

Segi paduan warna

Ketika para perajin batik membuat batik khas Depok, ada beberapa campuran warna yang masing-masing kombinasinya memiliki arti tersendiri saat terukir diatas kain. Umumnya batik belimbing khas Depok ini menggunakan beberapa warna seperti oranye, biru, cream, kuning keemasan, merah marun, dan biru tua. Masing-masing warna dituangkan sesuai dengan proporsi lambang atau simbol yang akan dibentuk, dimana semua kombinasi akan melambangkan karakter kelembutan, ketenangan, kewibawaan, dan keberanian.

Segi motif utama

Batik belimbing yang diproduksi di Depok umumnya selain mengukirkan motif belimbing juga akan melukiskan motif Paricara Dharma. Motif tersebut adalah simbol kota Depok yang melambangkan amanat bagi seluruh warga masyarakat Depok agar selalu melakukan tugas pengabdian secara adil dan benar. Motif tersebut juga memberi semangat bagi seluruh warga Depok agar meskipun berbeda keyakinan maupun latar belakang, semua tetap akan menjadi satu dan tidak mudah tercerai berai. Dengan dalamnya arti motif yang ingin disampaikan, tak jarang batik belimbing juga diminati oleh para wisatawan asing selain wisatawan domestik.  

Segi simbol

Jika Anda melihat batik belimbing, ada perpaduan simbol buah belimbing dan ikan memphis yang menandakan keunggulan kota Depok, mulai dari budaya hingga ciri khas masyarakatnya yang mampu menghargai budaya yang ada. Tak hanya itu, beberapa simbol lain yang sering ditambahkan dalam batik belimbing seperti Jembatan Panus, Gedung Tua, Gong Sibolong, Margonda, dan Topeng Cisalak menandakan bahwa masyarakat Depok termasuk orang-orang yang menjunjung tinggi warisan sejarah dan  selalu berusaha untuk melestarikan warisan yang ada.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and