Pentingnya Membuat Profil Usaha Bagi UKM

pentingnya-membuat-profil-usaha-bagi-ukm

UKMDepok.co.id – Jika Anda adalah seorang pengusaha mikro, yang sedang melebarkan sayap pemasaran. Coba bayangkan seandainya anda memiliki asisten yang mampu menjelaskan dengan detil dan baik mengenai usaha anda, dan mengenai produk produk hasilnya .
Bayangkan jika asisten seperti itu siap membantu tugas anda kapan saja dan di mana saja anda tempatkan. Senang, bukan? Asisten yang demikian bisa jadi akan anda masukkan ke dalam list “wajib punya”.
Demikianlah kira kira rasanya jika memiliki sebuah profil usaha. Demikian pentingnya membuat profil usaha bagi ukm/umkm terlihat dari manfaat yang bisa diperoleh.

Profil usaha adalah media informasi yang berisikan tentang usaha dan produk produk yang dihasilkan dari usaha tersebut.
Informasi yang diberikan bertujuan mempromosikan produk produk dan meningkatkan kepercayaan publik atas usaha yg dijalani. Profil usaha bisa dibuat dalam wujud media cetak maupun media internet. Keduanya penting bagi sebuah UMKM, namun yang kita bahas di sini adalah profil usaha dalam wujud media cetak.
Dengan wujudnya berupa media cetak, keberadaan berkas profil usaha bisa di sesuaikan dengan kebutuhan saat itu. Misal ketim sedang mengikuti bazaar atau pameran, sudah seharusnya disamping mendisplay produk produk pengusaha UMKM juga menyiapkan profil usaha, bisa dalam bentuk kliping yang rapih dan representatif, atau bisa juga dalam bentuk leaflet yang penuh info.
Apakah fleyer dan kartu nama saja tidak cukup?
Fleyer dan kartu nama tidak akan cukup memberikan informasi secara keseluruhan tentang usaha anda. Sebaliknya sebuah buku profil usaha tentu memberikan tempat lebih banyak untuk informasi penting.

profil-usaha-kecil

Informasi apa saja yang perlu ada dalam sebuah profil usaha skala UKM/UMKM?
Profil usaha harus memuat informasi tentang produk produk yang anda tawarkan dengan tujuan memikat pembaca untuk membeli/mencoba. Profil usaha juga harus memuat informasi tentang kondisi usaha anda agar dapat meyakinkan pembaca bahwa usaha anda dijalankan secara profesional serta memiliki kapasitas untuk berkembang.
Informasi tentang produk, diantaranya:
1. Foto-foto produk. Foto produk sebaiknya terlihat profesional, dibuat dengan rapih.
2. Menjelaskan tentang bahan baku produk serta proses pembuatan (jika mungkin disertai beberapa foto)
3. Sertifikasi/legalitas produk (seperti sertifikat halal/pirt untuk produk pangan)
4. Testimoni pelanggan, bisa berupa tangkapan gambar2
5. Promosi tentang produk seperti keunikan/kebihannya, serta harga (termasuk harga diskon, jika ada), dan cara memesan.
Informasi tentang usaha, diantaranya :
1. Visi dan misi usaha
2. Sejarah dan target usaha
3. Bentuk badan usaha (perorangan, koperasi, cv, atau pt)
4. Alamat/lokasi usaha secara fisik jika ada ( seperti: kantor/workshop/dapur produksi), dan alamat non fisik jika ada (seperti: website, fan page, instagram, dll)
5. Modal investasi ( seperti tempat usaha, peralatan dan perlengkapan usaha, inventaris kantor, kendaraan, dll)
6. Modal kerja ( seperti modal untuk operasional seperti belanja bahan baku, bensin, listrik,dll)
7. Target/ wilayah pemasaran serta metode pemasaran yang dilakukan.

Demikian secara singkat tentang pentingnya membuat profil usaha bagi UKM/UMKM. Bagi anda pelaku UMKM akan sangat bermanfaat jika mulai menyusun sebuah profil usaha sedini mungkin dan mengupdate kemudian jika ada penambahan informasi. Memiliki profil usaha juga akan membantu pelaku usaha tetap fokus agar usaha selalu terukur dan tetap fokus untuk makin berkembang. Menyediakan berkas profil usaha untuk dibaca-baca pengunjung pada saat mengikuti pameran atau pun bazaar akan memudahkan pengunjung mengenal lebih dekat tentang usaha dan produk kita, jadi nantinya pengunjung tersebut tidak sekedar mengumpulkan kartu nama. Ada baiknya juga menyediakan 2-3 berkas profil usaha. sekiranya ada pengunjung potensial yang membutuhkan. Jangan tunda lagi membuat profil usaha.

Responses are currently closed, but you can trackback from your own site.

Comments are closed.

Powered by WordPress | Designed by: Premium Themes. | Thanks to Juicers, Free WP Themes and