UKMDepok.co.id – Berawal dari kegemaran akan tanaman, pasangan suami istri Benny Ikhsan dan Eka Dwiyanti, pada 1998 merintis penggunaan media tanam pengganti tanah berbentuk butiran gel, yakni Hydrogel/hidrogel.
Hidrogel atau kristal soil adalah polimer buatan yaitu sejenis karet yang kekenyalannya mendekati agar – agar dan bisa menyerap air hingga 100 – 200 kali ukurannya.
Hidrogel sangat baik untuk media tanam karena selain steril, mudah dan cepat, Hidrogel sebagai media tanam hidroponik mampu menyerap 95% air dan larutan nutrisi yang ditambahkan. Tanamanpun akan tumbuh dengan baik dan lebih segar.

Nilai lebih lain dari Hidrogel adalah bentuknya yang butiran cantik berwarna-warni bisa disusun dalam wadah kaca sehingga menjadikan tampilan ruang tamu atau kantor terlihat lebih segar. warna butirannya pun bisa di sesuaikan dengan keinginan. Kelebihan hidrogel buatan Ibu Eka adalah pewarna yang digunakan adalah pewarna makanan, jadi relatif aman dan tidak beracun. Sehingga seiring waktu, jika warna tampilan hidrogel mulai pudar dan tidak menarik, kita cukup menambahkan beberapa tetes perwarna makanan agar warna kembali cantik menarik.

Jenis tanaman yang bisa ditanam dalam media tanam hydrogel, antara lain:
keladi-keladian
sirih-sirihan
sri rejeki / aglonema
sayur-sayuran
tanaman air dan sejenisnya.

Cara pemakaian hidrogel pun tidak sulit. Cukup rendam dulu bebera saat agar hidrogel mengembang, baru dijadikan media tanam.

Bila anda berminat membeli hydrogel, silahkan langsung menghubungi Ibu Eka Dwiyanti di:
Jl. Krakatau IV No. 226
Depok Timur
16417
telp.021-77832264
hp. 0818132409

Tulisan ini sudah pernah ditayangkan pada tanggal 28 November 2014, ditayangkan kembali tanpa perubahan isi. Tulisan ini adalah layanan ulasan gratis bagi produk-produk UKM di Depok. Foto=foto yang digunakan dalam artikel ini adalah milik pribi. Jika ingin produk anda diulas juga, silahkan hubungi admin web UKMDepok.co.id di WA: 085781230303